Acara

Launching & Sharing Buku

Isu lingkungan masih menjadi tema yang kurang populer di tengah persoalan lingkungan yang kerap menyelimuti Indonesia seperti polusi udara, deforestasi, pengelolaan sampah, pelestarian satwa, pencemaran laut, dan lainnya. Peran komunikasi lingkungan menjadi penting. Tidak hanya untuk memastikan arus informasi dari atas ke bawah (top-down). Namun juga bagaimana resepsi aktif masyarakat untuk mengabarkan problem lingkungan di wilayahnya masing-masing (bottom-up). 

Dengan begitu, membicarakan komunikasi lingkungan melibatkan aktor yang menjadi pengirim dan penerima pesan secara timbal balik. Termasuk membahas media massa dan media digital sebagai arena persebaran informasi. Semuanya diharapkan bermuara pada satu solusi bersama, yaitu pembangunan lingkungan yang berkelanjutan. Untuk itu, Communication and Sustainable Development (Cosdev) Universitas Pancasila sebagai chair dari Orbicom, jaringan internasional UNESCO pada bidang komunikasi, mengundang Anda untuk menghadiri peluncuran buku "Komunikasi Lingkungan, Essay Pengalaman tentang Isu Lingkungan di Indonesia".

Buku ini berisikan 28 artikel ilmiah populer yang ditulis oleh 40 penulis, baik akademisi maupun praktisi. Mereka berbagi tentang pengalaman seputar isu lingkungan dari berbagai wilayah di Indonesia. 

Acara akan dibuka oleh Prof. Andi Faisal Bakti (Chair Cosdev Orbicom).
Dilanjutkan dengan 5 penulis yang akan sharing tentang tulisan mereka:

- Dr. Lisa Adhrianti (Dosen Fisip Universitas Bengkulu)
- Dr. Herlina Agustin (Dosen Fikom Universitas Padjadjaran)
- Dr. Frendy Ahmad (Kepala Sub Bidang Kebijakan Produksi Tanaman Perkebunan, Kemenko Perekonomian)
- Efendi Agus Waluyo, M.A (Peneliti Balitbang Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan)
- Aprilyanti Pratiwi, M.IKom (Dosen Fikom Universitas Pancasila)

Acara akan diselenggarakan secara daring menggunakan media Zoom, pada:

Senin, 26 April 2021
Pukul 10.00 - 12.15 WIB