Berita

International Book Chapter ORBICOM 2020: Peneliti COSDEV Kontribusi 4 Artikel

Orbicom (The International Network of UNESCO Chairs in Communication) telah menerbitkan buku ke-8 dengan judul "Freedom of Expression in the Digital Age" di bulan Oktober 2020. Buku dengan tebal 629 halaman ini berisikan 28 artikel dari para peneliti/akademisi yang berasal dari 10 negara, yaitu: Perancis, Canada, German, Argentina, Brazil, Peru, Bulgaria, Maroko, Libanon dan Indonesia. Artikel-artikel dalam buku ini ditulis dalam tiga bahasa, yaitu: Prancis, Spanyol dan Inggris,

Para peneliti dari COSDEV (Communication and Sustainable Development), bernaung di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila, juga ikut berkontribusi dengan mengirimkan 4 artikel. Pertama, artikel dengan judul "Political Engagement in the Digital Era" ditulis oleh Prof. Andi Faisal Bakti, MA., Ph.D (Chair COSDEV), Umar Halim (Dosen FIKom UP), dan Riza Darmaputra (Dosen FIKom UP). Artikel ini mengulas tentang temuan mereka di Pemilihan Presiden Republik Indonesia tahun 2019, dimana aktivitas politik masyarakat melalui internet masih sangat rendah meskipun penetrasi internet di Indonesia pada tahun 2019 sudah lebih dari 50%.

Ke dua, artikel tentang "Strategic Politics of Facebbok-Based Farmers' Community in Brebes Indonesia" ditulis oleh Ahmad BAdari Burhan (Dosen FIKom UP) dan B. Helpris Estaswara (Dosen FIKom UP). Ke tiga, artikel tentang "Communication Intelegence in expressing to improve digital literacy of scientists in Indonesia" ditulis oleh Prof. Dr. Deni Darmawan, M.Si (Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia) dan Edi Suryadi (Universitas Pendidikan Indonesia). Terakhir, artikel tentang "Indoneia media law and journalism practices: Journalis and citizen journalist justice" ditulis oleh Prof. Dr. Edie Toet Hendratno, MH (Guru Besar Univ. Pancasila) dan Anna Agustina, Ph.D (Dekan FIKom Univ. Pancasila).