Berita

Secretary General Orbicom dan Chair COSDEV menjadi Keynote Speakers dalam Perhelatan Konferensi AICCON ke-2

Jakarta, Senin, 8 Februari 2021. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila (Fikom UP) menjadi salah satu tuan rumah (host) penyelenggaraan International Communication Conference ke-dua (2nd AICCON) yang merupakan kegiatan tahunan Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (Aspikom) Jabodetabek. Acara berjudul “Sustainable Communication in Mediated and Social Network Society” ini berlangsung pada senin, 8 Februari 2021 dan dilakukansecara daring (online) menggunakan media Zoom. Total sebanyak 76 hasil penelitian dari 14 negara dipresentasikan dalam acara ini.

Fikom UP melalui Communication and Sustainable Development (Cosdev) sebagai chair dari Orbicom, yaitu jaringan internasional UNESCO pada bidang komunikasi, turut mengundang Prof. Oumar Kane, Secretary General UNESCO Orbicom dari University of Quebec in Montreal (UQAM) Kanada sebagai keynote speaker. Selain itu, head Cosdev Fikom UP, Prof. Andi Faisal Bakti juga turut menjadi keynote speaker dengan presentasi berjudul “Communication and Sustainable Development in Indonesia”. Prof. Andi Faisal Bakti menerangkan pentingnya komunikasi dalam pembangunan berkelanjutan di Indonesia serta aspek-aspek apa saja yang perlu diperhatikan.

“Perlu perspektif berbeda untuk melakukan pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Hal yang perlu diperhatikan adalah pemberdayaan masyarakat dan pembangunan yang bersifat desentralisasi”, ujar Andi Faisal Bakti. Andi menambahkan pentingnya polakomunikasi bottom-up. Yaitu mendengarkan komunikasi dari bawah untuk menjalankan pembangunan berkelanjutan di Indonesia yang selama ini masih didominasi oleh sistem sentralisasi dan komunikasi yang bersifattop-bottom.

Dukungan Cosdev Fikom UP pada acara 2nd AICCON merupakan bentuk komitmen untuk menyampaikan pentingnya komunikasi dalam pembangunan keberlanjutan sesuai dengan17 poin Sustainable Development Goals (SDG’s) yang dicanangkan UNESCO. Sebagai chair dari Orbicom Unesco, Cosdev terus melakukan kegiatan komunikasi yang berkaitan dengan pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Tahun 2021 ini menjadi tahun ke-6 Cosdev Fikom UP dipercaya menjadi representative chair of Orbicom UNESCO di Indonesia. Sejak 2016 Cosdev telah melakukan kegiatan dan riset guna mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Pada 2016 hingga 2019 lalu, Cosdev aktif melakukan pendampingan pada pemerintah Kabupaten Brebes dalam program pengentasan kemiskinan di wilayah tersebut.