Berita

Tingkatkan Kualitas Artikel, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila Hadirkan Reviewer Jurnal internasional 

Jakarta, 29 Juli 2021 - Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila (FIKOM UP) menyelenggarakan Workshop Writing Articles for International Journal. Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Kompetisi Kampus Merdeka yang dihelat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi. FIKOM UP menjadi salah satu penerima Hibah pada kompetisi tersebut dari 145 Universitas di Indonesia.


Peserta kegiatan ini merupakan Dosen Tetap FIKOM UP. Pelatihan ini dibuka oleh Dekan FIKOM Ibu Anna Agustina. Dalam sambutannya Ibu Anna berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pencapaian Dosen FIKOM UP untuk jurnal internasional. Saat ini FIKOM menargetkan dua tahun kedepan dapat mengajukan akreditasi internasional. Karenanya Kegiatan ini akan mendorong peningkatan kualitas dan rekognisi dosen ujar Anna. Lebih Lanjut Alumnus USM ini mengatakan pelatihan ini bagian dari aktifitas menaikkan capaian pada Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi. Pemerintah telah menjadikan IKU dalam menilai kinerja perguran tinggi dan prodi.


Workshop dilakukan secara daring dengan mengundang Prof. Emeritus Dr. Samsudin A. Rahim dari Universiti Kebangsaan Malaysia. Prof Sam merupakan Editor-in-chief SEARCH Journal of Media and Communication Research pada tahun 2016-2019, Taylor’s University-Malaysia. Prof. Sam memberikan tips dan trik dalam menghasilkan publikasi yang dapat diterima jurnal internasional. Selain itu pembicara juga akan membantu  Dosen Tetap FIKOM UP dalam penulisan artikel untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi di Jurnal Berputasi Internasional. Jurnal yang diakui Kemendikbutristek antara lain DOAJ, SCOPUS, THOMSON REUTERS, ELSEEVIER, SPRINGER, Wiley Online Library, dan Taylor & Francis. 

Kegiatan ini akan diselenggarakan secara berkala hingga November 2021. Bapak Umar Halim selaku penanggung jawab kegiatan menerangkan selain webinar dalam bentuk diskusi, rangkaian kegiatan juga dilakukan dengan coaching (pelatihan). Dosen akan memberikan draft usulan tulisan dan akan di review oleh pembicara. “Jadi bisa lebih interaktif antara dosen dan Pemateri” ujar wakil dekan II FIKOM UP ini.