Berita

Kupas Tuntas FIKOM UP di PKKMB Hari Kedua

Kamis, 9 September 2021 FIKom UP melangsungkan hari kedua acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) FIKom UP 2021. Dengan semangat yang masih menggelora, Mahasiswa Baru FIKom UP 2021 mengikuti rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir dengan hikmat. Acara PKKMB hari kedua diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Universitas Pancasila. Selanjutnya, acara dibuka dan dipandu hingga akhir oleh Muhammad Nafal Sambodo (2018) dan Rizkia Alda Zabrina (2018) selaku MC. Kegiatan PKKMB hari kedua menekankan kepada Pengenalan Kurikulum Pembelajaran dan Organisasi Mahasiswa FIKom UP.

Pengenalan Kurikulum Pembelajaran dipaparkan oleh Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Komunikasi, Bapak Muhamad Rosit, M.Si dan Sekretaris Prodi, Ibu Nathalia Perdhani, M.Si melalui materi “Kenali Program Studimu” yang mencakup penjelasan mengenai peminatan, daftar mata kuliah, prospek kerja lulusan Ilmu Komunikasi, sarana dan prasarana hingga tim pengajar. Pemaparan informasi lanjutan mengenai Pengenalan Fakultas dipaparkan melalui sesi Open House yang dihadiri oleh Ibu Anna Agustina, Ph.D selaku Dekan, Bapak Muhamad Rosit, M.Si selaku Wakil Dekan I (Bidang Akademik), Bapak Umar Halim, M.Phil  selaku Wakil Dekan II (Bidang Umum dan Keuangan), Bapak Riza Darma Putra, M.I.Kom selaku Wakil Dekan III (Bidang Kemahasiswaan dan Alumni) dan Orang tua atau Wali dari Mahasiswa Baru FIKom UP 2021. Sesi Open House dibuka dengan penayangan Faculty Tour Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila dan dilanjutkan oleh pemarapan informasi dari Wakil Dekan I, II, dan III.

Selanjutnya, pemaparan informasi mengenai Organisasi Mahasiswa FIKom UP (ORMAWA FIKom UP) dibawakan oleh Nisrina Rienjani dan Clara Anna selaku Ketua dan Wakil Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Keluarga Mahasiswa Universitas Pancasila (SEMA FIKOM KMUP) dan Oktavian Dafa Kusuma dan Felix Raditya selaku Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Keluarga Mahasiswa Universitas Pancasila (BPM FIKOM KMUP) terkait dengan peran, fungsi, dan wewenangnya. Selanjutnya, disambung dengan pemaparan informasi mengenai Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Keluarga Mahasiswa Universitas Pancasila (UKM FIKOM KMUP) yang dibawakan oleh Ketua masing-masing UKM; SERUNI, MUTASI, CinemaKom, Basket, Futsal, SAKKA, CEC, dan Rohis. Melalui pengenalan ORMAWA FIKom KMUP dan UKM FIKom KMUP, diharapkan mahasiswa dapat mengasah keterampilan softskill, bukan hanya hardskill.

Kegiatan PKKMB FIKom UP hari kedua tidak hanya menampilkan pemaparan materi dari Fakultas, namun juga menampilkan bakat-bakat yang dimiliki oleh mahasiswa FIKom UP, diantaranya Musikalisasi Puisi oleh Sri Handayani (2020) dan Penampilan Solois oleh Akbar (2019). Terpancar antusiasme yang tinggi dari Mahasiswa/i dan juga Orang tua atau wali Mahasiswa/i Baru FIKom UP 2021 melalui banyaknya pertanyaan yang dilontarkan kepada pengisi acara di masing-masing sesi kegiatan.