UPPM

Pengabdian Kepada Masyarakat

NomorJudulTahunNama Ketua
1Peningkatan Wawasan dan Aksi Pungut Sampah Bersama SMK Bakti Karya di Kabupaten Pangandaran2021Anna Agustina, Ph.D.
2Storytelling Sebagai Teknik Pemberdayaan Anak dan Remaja Eks Korban Konflik Lahan2021Dr. Aprilyanti Pratiwi, M.I.Kom.
3Distingsi, Trajectory, Aromaterapi (Studi Distribusi Kapital pada Destinasi Agrowisata Bukit Waruwangi, Serang-Banten)2021Dr. Fitria Angeliqa, M.Si.
4Peningkatan Partisipasi dan Pemberdayaan Bidan Puskesmas Melalui FGD dalam Difusi Inovasi TelecCTG di Kabupaten Kupang dan Indramayu2021Dr. Retor A. W. Kaligis, M.Si.
5Sosialisasi Etika Berkomunikasi dalam Proses E-Learning2021Dr. Ririt Yuniar, S.Sos., M.Hum.
6Penciptaan Buku Saku Buat Fans Esport Melalui Kegiatan Focus Group Discussion Terkait Aktivitas Penonton dalam Platform Olahraga Digital.2021Faridhian Anshari, SS, M.A.
7Efektivitas Penyampaian Pesan Komunikasi Meta Forest Society Melalui Media dalam Membangun Kesadaran Teknologi Bisnis Digital pada Petani Perempuan2021Gede Moenanto, M.I.Kom
8Fikom UP Peduli UMKM pada Masa Pandemi Covid-19” (Peningkatan Penjualan Melalui Merchant Food Gofood dan Grabfood Serta Promosi di Sosial Media Instagram) 2021Joko Utomo Hadibroto, M.I.Kom
9Peningkatan Skill Editing Video Karang Taruna Menggunakan Aplikasi Mobile Phone Capcut Di Desa Lengkong Kulon Kecatan Pagedangan Kabupaten Tangerang2022Dian Nurdiansyah, M.I.Kom
10Pelatihan Fotografi dan Videografi Untuk Pemasaran Digital Bagi Pelaku UMKM di Kota Depok2022Dr. Aprilyanti Pratiwi, M.I.Kom.
11Pelatihan Pembuatan Video Pendek dan Foto Menggunakan Smartphone untuk Promosi Produk Pelaku Usaha Mikro Perdesaan Komunitas Teras Ciapus di Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor2022Dr. Retor A. W. Kaligis, M.Si.
12Sosialisasi Pentingnya Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Etika Berkomunikasi Pada Proses Belajar di Masa Transisi2022Dr. Ririt Yuniar, M.Hum.
13Sosialisasi Dampak Pengucapan Umpatan Kata ‘Anjing’ Dalam Aktivitas Komunikasi Verbal Pada Subjek Pelajar Remaja2022Faridhian Anshari, MA
14Literasi Digital Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Cirumpak2022Ihsan Suri, M.I.Kom
15Pelatihan Kegiatan Video Promosi Sosial Media Instagram Dengan Menggunakan Smartphone di Desa Wisata Pasireurih Bogor2022Joko Utomo Hadibroto, M.I.Kom
16Penguatan Literasi Digital Terhadap Peningkatan Kesadaran Politik Warga di Desa Kuripan Ciseeng Bogor2022Muhamad Rosit, M.Si
17PKM: Pemberdayaan Virtual Reality Untuk
 Meningkatkan Literasi Digital Guru SMP Negeri
 8 Jakarta.
2022Muhamad Rosit, M.Si.
18Kegiatan Workshop Pemasaran Digital Kepada Siswa/Siswi SMA IT An-Nafi Desa Kuripan Ciseeng Bogor Jawa Barat2022Suluh Gembyeng Ciptadi, M.Si
19PENGUATAN LITERASI DIGITAL SEBAGAI UPAYA PENANGGULANGAN UJARAN KEBENCIAN PADA PELAJAR
DI SEKOLAH MASJID TERMINAL (MASTER) INDONESIA, DEPOK
2023Cici Eka Iswahyuningtyas,M.Soc.,Sc
20Pengukuran Kualitas Pelayanan Usaha Jasa Internet Dr Network Di Sawangan Depok2023Dr. Diana Anggraeni, S.IP., MM., M.I.Kom
21Literasi Jurnalisme Untuk Perangkat Desa Kahuripan Ciseeng Bogor Untuk Penguatan Keterampilan Berkomunikasi Dengan Media2023Dr. Jufri Alkatiri, BA, SS, M.Si., MA
22Pentingnya Etika Komunikasi Berbangsa dan Bernegara Bagi Generasi Muda 2023Dr. Ririt Yuniar, S.Sos., M.Hum.
23Pelatihan Pembuatan Storytelling sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Usaha Mikro dan Desa Wisata Komunitas Teras Ciapus di Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor2023Gati Dwi Yuliana, M.Si
24Peningkatan  Literasi  Bencana  Berbasis  Kearifan  Lokal  pada  Pokja  Desa  Tangguh  Bencana  Desa Kiarasari Kecamatan Sukajaya Kab. Bogor dalam Meningkatkan Resiliensi Masyarakat2023Riza Darmaputra, M.I.Kom.
25Communication Strategy and Action for Spirulina Consumption through the Community Movement in Preventing Stunting at Health Hub2024Anna Agustina, Ph.D.
26Penguatan Brand Awareness Melalui Good Visual E-Katalog Marketplace Pada Pelaku UMKM di Tamansari Bogor2024Dian Nurdiansyah, M.I.Kom.
27Pemberdayaan Pelaku UMKM Teras Ciapus, Kabupaten Bogor melalui Pendampingan Digital Storytelling dan Keamanan Pangan2024Dr. Aprilyanti Pratiwi, S.S., M.I.Kom.
28Kegiatan Rebranding dan Pembuatan Menu di Kafe Kilabret2024Dr. Sudarto, S.T., M.Si.
29Peningkatan Keterampilan Keamanan Digital Pada Siswa SMK Ananda Bekasi di Era Disrupsi Digital2024Nurul Hidayat, S.Sos, M.Han.
30Peningkatan Desain Promosi melalui Pelatihan Penggunaan Canva untuk Iklan Produk Pelaku Usaha Mikro Pedesaan Komunitas Teras Ciapus di Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor2024Sayyidah Afifah, M.I.Kom
31Pemberdayaan Pers Mahasiswa Berbasis Peningkatan Pengetahuan dan Kapasitas Jurnalis Mahasiswa Terkait Posisi Pers Alternatif dan Kerentanan Pers Mahasiswa2025Cici Eka Iswahyuningtyas,M.Soc.Sc.
32Pemberdayaan Anak-Anak Korban Konflik Lahan melalui Pelatihan Storytelling2025Dr. Aprilianti Pratiwi, S.S., M.I.Kom.
33Peningkatan Literasi Komunikasi Lingkungan Remaja melalui Pelatihan dan Kampanye Digital di Desa Gunung Bunder2025Nurul Hidayat, M.Han
34Membangun Keluarga Tangguh Bencana Melalui Literasi Bencana berbasis Komunikasi Risiko di Desa Bayah Barat Kabupaten Lebak Banten2025Riza Darmaputra, M.I.Kom.

Penelitian

NoJudulTahunKetua
1 Jurnalistik dan Perkembangannya di Indonesia: Kebebasan Mengeluarkan Pendapat, Kebebasan Pers dan UU ITE Indonesia2019Alfito Deannova Gintings, M.Si.
2Peran Media: Konteks Level Komunikasi Organisasi – Corporate Engagement Media, dan Konteks Komunikasi Kelompok2019Anna Agustina, Ph.D.
3Strategi Akomodasi Komunikasi Etnis Tionghoa dan Non Tionghoa di Surya Kencana Bogor2019Apriliyanti Pratiwi, S.S., M.I.Kom.
4Pemikiran IMC (Integrated Marketing Communications) Di Artikel Jurnal Ilmiah Indonesia2019B. Helpris Estaswara, M.Si
5Masa Depan Distribusi Film Indonesia; Apa yang Kurang?2019Cici Eka Iswahyuningtyas, M.Soc.Sc
6Opini Publik Pemindahan Ibukota Indonesia Ke Kalimantan di Media Sosial2019Donie Kadewandana, M.I.P
7Jurnalis Perempuan dalam Struktur Jaringan Olahraga2019Dr. Fitria Angeliqa, M.Si.
8Pengungkapan Diri Dengan Menggunakan Aplikasi Showaround2019Dr. Jufri Alkatiri, BA, SS, M.Si., MA
9Strategi dan Penerapan Promosi dan Tanggung Jawab Sosial LPP TVRI dalam Layanan “TVRI Klik” Bagi Kalangan Milenial2019Dr. Retor A.W. Kaligis, M.Si
10Degradasi Pembangunan Pada Daerah Perbatasan Jayapura dan Merauke (Perspektif Komunikasi Pembangunan dan Komunikasi Budaya)2019Dr. Ririt Yuniar, M.Hum.
11Media, Budaya, dan Olahraga: Studi Deskriptif Peran Media Massa Dalam Proses Adaptasi Pemain Sepakbola Asing di Indonesia.2019Faridhian Anshari, M.A.
12Pendekatan Bercerita dalam Membangun Identitas Jember Fashion Carnaval sebagai Upaya Revitalisasi Karnaval Seni2019Gati Dwi Yuliana, M.Si
13Konstruksi Realitas Media Dalam Fungsi Kontrol Dan Pengawasan Pers Terhadap Pelaksanaan Kebijakan Penggusuran Lahan Warga2019Gede Moenanto Soekawati, S.I.Kom., M.I.Kom
14Konten Destinasi Wisata Lokal di Online Travel Agent2019Martriana P. Said, M.Si.
15Literasi Politik Partai Solidaritas Indonesia (Studi Penggunaan Internet sebagai Media Literasi Politik untuk Pemilih Pemula pada Pilkada Serentak 2020)2019Muhamad Rosit, M.Si
16Identitas Etnik dan Pemetaan Potensi Lokal Masyarakat di Suryakencana Bogor2019Nathalia Perdhani, M.Si
17Persepsi Masyarakat Indonesia Mengenai Pembicara Publik Yang Baik2019Prof. Dr. Mashadi Said, M.Pd
18Penerapan Fungsi Public Relations Dalam Kesesuaian Konsep Manajemen Public Relations Di PT Pertamina (Persero)2019Risma Kartika, M.Si
19Identifikasi Kearifan Lokal Masyarakat Jawa Barat Sebagai Bentuk Literasi Bencana2019Riza Darma Putra, M.I.Kom.
20Wattpad Dan Fanfiction.net Sebagai Media Komunikasi Dan Informasi2019Sofia Primalisanti Devi, M.Si
21Memetakan Opinion Leader Isu Vaksinasi COVID-19 di Media Sosial Twitter2019Suluh Gembyeng Ciptadi, M.Si
22Praktek Komunikasi di Keluarga Masa Kini2019Tribuana Tungga Dewi, M.Si
23Kesenjangan Digital: Motivasi dan Literasi Digital dalam Penggunaan E-Pendidikan2019Umar Halim, M. Phil
24Difusi Inovasi Pemanfaatan Alat Medis TeleCTG Pendeteksi Kesejahteraan Janin, Ibu, dan Bayi Melalui Partisipasi dan Pemberdayaan Bidan Komunitas Bidan Sehati di Kabupaten Indramayu, Kabupaten Kupang, dan Kota Bekasi2020Dr. Retor Aquinaldo Wirabuanaputera Kaligis, M.Si.
25Digital Storytelling, Media Gerakan Perlawanan Petani di Era Digital2021 Dr. Aprilyanti Pratiwi, S.S., M.I.Kom.
26Jurnalisme dan Kredibilitas Jurnalisme dalam Era Post-truth2021Alfito Deannova Gintings, SE, M.Si & Anna Agustina, Ph.D.
27Kajian Media Komunikasi Pada Masa Pandemi Covid-192021Anna Agustina, Ph.D.
28Perbandingan Pemikiran Integrated Marketing Communications (IMC) di Jurnal Ilmu Komunikasi dan Ekonomi2021B. Helpris Estaswara, M.Si.
29Adopsi dan Pola Konsumsi Video Streaming Over the Top pada Masa Pandemi Covid-19 di Kalangan Remaja Urban2021Cici Eka Iswahyuningtyas,M.Soc.Sc
30Analisis Framing Media: Studi Komparatif Pemberitaan Wabah Covid-19 Pada Media Indonesia dan Media Cina2021Diana Anggraeni, MM., M.I.Kom.
31Trajektori Inklusifitas Subkultur dalam Arena Industri Musik dan Film Korea (Kajian Praksis Reproduksi Budaya dan Media Berperspektif Postkolonial untuk Ekonomi Kreatif)2021Dr. Fitria Angeliqa, M.Si.
32Media dl Indonesia Era Pandemi Covid-19: Analisis Kebijakan dari Perspektif Komunikasi2021Dr. Ririt Yuniar, S.Sos., M.Hum.
33Ekonomi Politik Media Industri E-Sport dl Indonesia: Studi Deskriptif Bentuk Komodifikasi dalam Platform E-Sport2021Faridhian Anshari, M.A.
34Pemanfaatan New Media dalam Peningkatan Penjualan di Masa Pandemi Covid – 19 (Studi Kasus UMKM Kuliner Pengguna Aplikasi Layanan Pesan Antar Gofood dan Grabfood)2021Joko Utomo Hadibroto, M.I.Kom.
35Analisa Jaringan Komunikasi Wacana E-sport dalam Kurikulum Pendidikan Nasional2021Martriana P. Said, M.Si.
36Media, Jurnalistik, dan Komunikasi Lingkungan: Rute Penulisan Berita Lingkungan dan Framing Berita Lingkungan2022Anna Agustina, Ph.D.
37Komunikasi Lingkungan Dalam Penanganan Kelestarian Ekosistem Sungai di Kota Depok: Studi Kualitatif Pada Komunitas Ciliwung Depok2022Dian Nurdiansyah, M.I.Kom
38Komunikasi Digital Produk Cake and Cookies dalam Meningkatkan Penjualan Pada Komunitas UMKM Teras Ciapus2022Dr. Aprilyanti Pratiwi, M.I.Kom
39Orientalisme dalam Industru Budaya Populer Korea: BTS Sebuah Ide Kapitalisme Baru dan Hyperealitas Romantisme Sistemik2022Dr. Fitria Angeliqa, M.Si.
40Tantangan dalam Mewujudkan Jurnalisme Manusia yang Beradab di Tengah Derasnya Arus Jurnalisme  Mesin dan Viral2022Dr. Gede Moenanto S., M.I.Kom
41Penggunaan Bauran Promosi Pelaku Usaha Mikro Perdesaan Komunitas Teras Ciapus di Era Digital Ditinjau dari Pendekatan Sistem2022Dr. Retor A.W. Kaligis, M.Si
42Konstruksi Realitas Sosial Politik Dan Dinamika Perbatasan Jayapura (Perspektif Komunikasi Dalam Kontek Kebangsaan)2022Dr. Ririt Yuniar, M.Hum.
43BAHASA ‘ANJING’ DALAM SUPORTER SEPAKBOLA INDONESIA (Kajian Sumpah Serapah Sebagai Bentuk Pesan Komunikasi Verbal)2022Faridhian Anshari, MA
44Pendekatan Bercerita pada Komunikasi Pemasaran Agro Edu Wisata Organik Mulyaharja di Instagram @visitmulyaharja2022Gati Dwi Yuliana, M.Si
45Pembingkaian Berita Mengenai Polemik UU Cipta Kerja2022Ihsan Suri, M.I.Kom
46Dilema Pada Tradisi dan Budaya Merantau Bagi Lelaki Dewasa Minangkabau (Ditinjau Melalui Interaksi Simbolik)2022Joko Utomo Hadibroto, M.I.Kom.
47Pemujaan Selebriti, Karya Musik dan Quarter Life Crisis di Generasi Strawberry2022Martriana P. Said, M.Si.
48Analisis Strategi Komunikasi pada Kampanye “Climate Strike” Greenpeace Indonesia2022Suluh Gembyeng Ciptadi, M.Si
49Digital Storytelling sebagai Strategi Komunikasi untuk Perubahan Sosial2023Dr. Aprilyanti Pratiwi, M.I.Kom
50Adiksi Internet dan Dampaknya Terhadap Paparan Pornografi dan Kecanduan Game Online pada Remaja Laki-Laki dan Perempuan2023Dr. Sudarto, ST., M.Si. 
51Kontribusi Pemaknaan Umpatan “Anjing” sebagai Bentuk Dehumanisasi Verbal: Studi Etnografi Suporter sepak Bola di Indonesia2023Faridhian Anshari, MA
52Prinsip Etika Komunikasi Kepemimpinan Unggul dalam Kearifan Bugis  2023Prof. Dr. Mashadi Said, M.Pd
53Pesan lingkungan di media menurut jurnalis dan hubungan isi pesan terkait lingkungan dengan green brand image2024Anna Agustina, Ph.D.
54Persepsi Tentang Integrated Marketing Communication (IMC) (Studi Eksplaratori Komparatif Terhadap Empat Kelompok Profesi)2024B. Helpris Estaswara, M.Si.
55Dimensionalisasi Copywriting Berbentuk Hashtag dalam Digital Komunikasi Lingkungan di Era Media Sosial2024Dian Nurdiansyah, M.I.Kom
56Komunikasi Visual Debat Capres Cawapres 2024 Kampanye Pilpres di Indonesia Analisis Performance Studies2024Dr. Ririt Yuniar, M.Hum.
57Melek Media Perempuan Sebagai Human Capital dalam Pengasuhan (Studi pada Ibu Millenial di Kota Besar Indonesia)2024Gati Dwi Yuliana, M.Si
58Identifikasi Globalisasi Budaya: Studi Pada Komunitas Scrabble Kampung Inggris Borneo di Desa Pembataan, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Banjarmasin, Kalimantan Selatan2024Martriana Ponimin Said, M.Si
59Komodifikasi Horor dalam Film KKN di Desa Penari2024Muhamad Rosit, M.Si.  
60Mixed Heritage: Pembentukan Identitas Etnik Remaja Blasteran di Indonesia2024Nathalia Perdhani Soemantri M.Si
61Jurnalistik: Proses, Artificial Intelligence, dan Engagement2025Anna Agustina, Ph.D.
62AI dalam Pembelajaran Jurnalistik: Studi Eksperimen Penggunaan AI dalam Pembelajaran Jurnalistik di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila2025Dr. Diana Anggraini., MM. M.I.Kom.
63Bias Media dalam Pemberitaan tentang Kementerian XYZ.2025Dr. Fitria Angeliqa., M.Si.
64Pengembangan Community-Based Tourism Berbasis Digital Melalui Komunikasi Pembangunan dan Modal Sosial di Tiga Desa Wisata Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor2025Dr. Retor Aquinaldo Wirabuanaputera Kaligis, M.Si.
65Reproduksi Nilai Sosial Budaya dan Realitas Politik Debat Capres & Cawapres dalam Pilpres 20242025Dr. Ririt Yuniar, M.Hum.
66Pemetaan Dampak Event Sport Tourism: Studi Kasus Mandalika Sebagai Kota Ekonomi Khusus2025Faridhian Anshari, S.S., MA
67Komodifikasi dan Logika Kapitalistik Pada Konten Wawancara (Aib Keluarga) Melalui Media Sosial Youtube dalam Menjaring Viewers dan Iklan2025Joko Utomo Hadibroto, M.I.Kom.